DPRD Tubaba Menggelar Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat l Atas Raperda APBD Tahun Anggaran 2024

0
99
Penandatangan Eksekutif dan Legislatif Tubaba di Paripurna (sigap88news)

Tubaba, Sigap88news.com – Dewan perwakilan rakyat Daerah (DPRD) kabupaten tulang bawang barat (TUBABA) gelar rapat Paripurna Pembicaraan tingkat I atas Raperda APBD tahun anggaran 2024, Penandatanganan Nota kesepakatan (MOU) program pembentukan peraturan Daerah tahun anggaran 2024, dan pembicaraan tingkat II (DUA) Raperda Kabupaten Tulangbawang Barat.

Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tubaba Tahun Anggaran 2024. Pendapatan daerah dirancang sebesar Rp 905 Miliyar. Pendapatan tersebut bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditargetkan sebesar Rp 49 Miliyar, dan Pendapatan Transfer Rp 855 Miliyar.

Rapar Paripurna tersebut juga dihadiri oleh anggota Forkopimda, Asisten Bupati, seluruh Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Tubaba.

Pj bupati Firsada juga menyampaikan, jumlah belanja daerah rencana APBD Kabupaten Tubaba Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp 897 Miliyar.

“Belanja operasi Rp 639 Miliyar, modal belanja Rp 111 Miliyar, belanja tidak terduga sebesar Rp 2,5 Miliyar, dan belanja transfer Rp 142 Miliyar,” kata Pj Bupati Firsada saat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Tubaba. Selasa (03/10/2023).

Lebih lanjut, Firsada juga menjelaskan, pembiayaan keuangan daerah APBD Kabupaten Tubaba Tahun Anggaran 2024 dirancang sebesar Rp 5 Miliyar lebih.

“Sedangkan rencana pengeluaran pembiayaan daerah Kabupaten Tubaba Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp 14 Miliyar,” jelas Pj Bupati Tubaba.

Pada kesempatan itu juga, Pj Bupati Firsada menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada DPRD Kabupaten Tubaba atas kesempatannya menyampaikan rancangan APBD Tahun Anggaran 2024 tersebut.

“Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat, karunia, dan jalan yang mudah dalam upaya kita membangun Kabupaten Tubaba tercinta ini, menuju daerah yang maju, sejahtera, dan berdaya saing,” tutupnya.

sejumlah pandangan Fraksi DPRD Tubaba yang menyampaikan beberapa pandangan umum, diantaranya Fraksi Partai Gerindra, Hanura Perindo, Amanat Kebangsaan, PDI Perjuangan, Demokrat, dan Fraksi Partai Nasdem. agar Pemkab dapat berupaya sebaik mungkin dalam menjalankan program dan kegiatan juga pelayanan kepada masyarakat dengan mengedepankan prinsip efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

“APBD Tahun Anggaran 2024, telah melalui serangkaian pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelaksana kegiatan, agar pengalokasian anggaran memenuhi prinsip efektif dan efisien. Oleh karenanya, dalam mewujudkan prinsip tersebut kami juga sangat mengharapkan agar dapat dibahas lebih lanjut antara OPD dengan DPRD melalui masing-masing Komisi” Ungkapnya.

Dalam Paripurna tersebut, jajaran Eksekutif dan Legislatif Tubaba juga mengesahkan 2 Rancangan Peraturan Daerah, yakni, Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2023 – 2043, serta Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Sebagai dasar bagi Pemerintah Kabupaten Tubaba untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan pedoman dalam pelaksanaan program di bidang tersebut.

Selain itu dilakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2024 antara eksekutif dan legislatif sebagai instrumen perencanaan program pembentukan perda Kabupaten yang disusun secara terencana, terpadu, dan sistematis.(Erwansyah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini