Anggota Koramil 0828/06 Jrengik Monitoring Pelaksanaan Panen Padi Didesa Taman

Redaksi
Siap Ndan! 975 Views
2 Min Read

SAMPANG, SIGAP88NEWS.COM || Monitoring Pelaksanaan Panen padi di Desa Taman di laksanakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0828/06 Jrengik, Minggu (18/02).

Kegiatan dilakukan berdasarkan instruksi Dandim 0828 Sampang Letkol Inf. Indrama Body kepada seluruh Koramil jajaran untuk melaksanakan pengecekan kesiapan panen tanaman padi di wilayah masing-masing.

Babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah Kabupaten Sampang Sementara hasil pantauan di lapangan kepada para Babinsa hingga saat ini, tanaman padi terlihat subur dan diharapkan hasil panen meningkat khususnya di wilayah Kecamatan Jrengik.

Danramil 06/Jrengik Kapten Arm. Gunawan mengatakan, ” untuk mencapai hasil yang maksimal, kami dan Babinsa lain diperintahkan ikut mendampingi petani, dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog. Selain itu Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal”, Ujarnya.

Pada musim penghujan kali ini di wilayah Desa Taman hujan lebat dan angin kencang sesaat yang menyertai hujan bisa merusak tanaman petani sehingga diharapkan para petani perlu mengantisipasi hal ini.

Sebagai langkah antisipasi guna menghindari hal yang tidak diinginkan Babinsa bersama petani kemudian mengikat padi, agar tidak membusuk terkena air ataupun lumpur. ” Tindakan ini bertujuan supaya tanaman tidak membusuk karena terendam air, “. Papar Gunawan.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk tanggungjawab Babinsa dalam pendampingan kepada petani serta diharapkan Babinsa mampu mendorong demi sukseskan program pemerintah terkait swasembada pangan.

Masih Danramil 06/Jrengik Kapten Arm. Gunawan mengatakan, “Kegiatan monitoring tanaman padi milik petani yang dilakukan para Babinsa dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kesiapan panen dan harga Gabah di tingkat petani saat panen serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah Desa Taman Kecamatan Jrengik ini,”.

“upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan pada tahun 2018, dimana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0828 Sampang khususnya Koramil 06/Jrengik,” Ujarnya.

Penulis : Poernomo

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *