Katana Panjaitan Bersinergi Dengan UPT SDA Dalam Pembersihan Sungai

Redaksi
Sosbud 982 Views
3 Min Read

MALANG, Sigap88news.com || Kegiatan kerja bakti Karang Taruna Jalan Panjaitan Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang semakin menarik perhatian seluruh warga Jalan Panjaitan dan sekitarnya. Bahkan dalam kegiatan pada hari Minggu pagi (11/04), UPT Sumber Daya Air Kecamatan Gondanglegi turut serta dalam melakukan pembersihan sungai di wilayah Jalan Panjaitan yang panjangnya sekitar 2 kilometer.

“Alhamdulillah kegiatan kerja bakti ini akhirnya menjadi kegiatan rutin di Jalan Panjaitan,” ucap Lukito Hadi, Ketua Katana Japan. Lukito juga menyampaikan bahwa antusias warga untuk turut serta dalam kegiatan tersebut semakin besar. “Bahkan, kami mendapat support dari UPT Sumber Daya Air dalam kegiatan bersih sungai ke dua ini,” tambah Lukito.

Saidul Fitri, Staff sekaligus Petugas Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi UPT Sumber Daya Air Kecamatan Gondanglegi mengaku sangat mengapresiasi kegiatan bersih sungai tersebut. “Nanti kita akan melakukan perawatan untuk menindaklanjuti kegiatan ini, untuk wilayah sungai ini ada 8 orang yang akan bertugas melakukan perawatan sepanjang 2 kilometer,” terang Said.

Terkait bentuk perawatan yang akan dilaksanakan oleh UPT SDA Kecamatan Gondanglegi antara lain pengangkatan sedimen dan pembersihan rumput di tepian sungai, “khususnya perawatan di pintu air sawah,” tambah Said. Said mengaku sudah menyurvey di beberapa titik dan telah diajukan kepada Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Provinsi, “sungai ini juga wilayah provinsi mbak,” terang Said kepada awak media

Said sendiri mengaku sudah mengupayakan yang terbaik untuk kebersihan sungai dan sudah menindak lanjuti di titik-titik tertentu, “kita juga memasang plang bertuliskan larangan membuang sampah agar warga sekitar tidak membuang sampah sembarangan yang akan menyebabkan sungai tercemar dan mengganggu aliran air,” ucap Said.

Staff yang telah mengerahkan pembersihan sungai di beberapa titik ini mengaku sangat berterimakasih kepada warga Jalan Panjaitan khususnya Karang Taruna yang sudah bekerjasama dalam pembersihan sungai. “Untuk pembersihan sungai apalagi mengangkat sedimen memang dibutuhkan tenaga yang banyak, dan dari UPT SDA pun terkadang harus dikelompokkan agar bisa menyelesaikan tugasnya. Kami sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan warga Jalan Panjaitan.” Terangnya.

Dalam hal ini, Lukito beserta seluruh warga berharap agar untuk kedepannya dapat bersinergi kembali dengan UPT Sumber Daya Air Kecamatan Gondanglegi. “Kami siap untuk bersinergi, bahkan ada warga yang usianya hampir 70 tahun sangat bersemangat melakukan kerja bakti. Semoga dapat menjadi contoh bagi pemuda pemudi Gondanglegi, khususnya Jalan Panjaitan agar lebih termotivasi.” Tutup Lukito.(ril)

TAGGED:
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *