Ketua BPD Desa Pusar Bantah Kabar HOAX, Terkait Pembangunan Destinasi Wisata Kubangan Naga

0
774

Baturaja oku,Sigap88news.com || Ketua BPD  Pusar kecamatan Baturaja timur sekaligus Ketua Forum Komunikasi Badan Permusyawatan Desa (FKBPD) Kabupaten OKU Garsubi membantah secara tegas adanya pemberitaan yang menyebutkan bahwa dirinya turut serta dalam pelaksanaan atau jadi pemborong (MarkUp proyek) kegiatan Destinasi Wisata Gua Kubangan Naga Bukit Katung Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU Provinsi Sumatera Selatan.

Kepada awak Media ini,Garsubi mengatakan berita itu tidak benar, dengan adanya berita yang beredar tersebut telah menyudutkan dirinya dan membuat nama baiknya tercoreng.

Terkait pembangunan tersebut, dikatakan Garsubi. dirinya hanya sebagai penggagas buka pelaksana atau pemborong, proyek tersebut dibangun oleh pemerintah desa dan pelaksananya oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dibantu masyarakat Desa Pusar dan sumber dananya dari APBDes Perubahan Tahun 2020 sebesar Rp.15.000.000,- bukan 70.000.000,- seperti isu yang beredar.

“Dana itu ada laporan SPJ nya, digunakan untuk membuka lahan, pembelian peralatan, pembuatan anak tangga, bahan material dan biaya konsumsi,”ujar Garsubi.

“Ada 450 mata anak tangga dibuat, 3 lukisan gambar naga dan 2 rumah pohon serta satu tempat sholat bagi pengunjung. Pekerjaan itu makan waktu 3 bulan lebih,”jelasnya kepada awak media. Kamis (17/06/2021).

Dijelaskan Garsubi, pemerintah desa pusar bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) membuat proyek tersebut, tujuan dan manfaat nya adalah sebagai destinasi wisata sekaligus menggali potensi sumber daya alam dan meninggalkan PAD serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga sebagai sarana mempromosikan Desa Pusar supaya lebih dikenal.

Objek wisata Bukit Katung desa pusar ini, menurutnya. sekarang telah didukung sepenuhnya oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel dan pemerintah Kabupaten OKU, hal tersebut dapat dibuktikan didalam kegiatan Destinasi Wisata Kubangan Naga Bukit Katung pernah dikunjungi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Aufar Syahrizal, S.Sos,. M.Si dan Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten OKU H. Imron Bersama Kepala Dinas PU Perkim OKU Ir. H. Ulia Mahdi, MM.

Ketua BPD desa pusar yang sekaligus ketua Forum Komunikasi Badan Permusyawatan Desa (FKBPD) Kabupaten OKU menyampaikan Kepada awak media ini, ketidak benaran atau Hoax kabar yang berkembang di masyarakat.

“Selaku ketua FKBPD dan kami dari BPD Desa Pusar selalu bersinergi dengan Pemerintah Desa untuk memajukan Desa dan sudah melaksanakan fungsi dan pengawasan sesuai dengan Permendagri 110 Tahun 2016 Tentang BPD,”tegasnya.

Hasil penelusuran awak media, adanya Destinasi Wisata Kubangan Naga Bukit Katung Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU Provinsi Sumatera Selatan, sangat didukung dan disambut baik oleh masyarakat setempat.

Adanya wisata ini. menurut warga setempat, mereka merasa ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta menciptakan lapangan kerja dan desa nya dapat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia umum Sumatera Selatan.

Pendapat warga ini sangat beralasan, karena awak media mendapatkan bukti surat dari Dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten OKU kalau wisata kubangan naga bukit katung terpilih sebagai salah satu perserta untuk mengwakili kabupaten OKU Lomba desa wisata Se – Sumatera Selatan Tahun 2021.

Bukti Surat tersebut Nomo 556/262/XXXVI2/2021 tertanggal 16 April 2021 perhal Rencana Lomba desa wisata yang ditujukkan kepada kepala desa pusar.

Tidak itu saja, wisata ini juga diwakili Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) pada tgl 30 Juni 2021 nanti mengikuti Lomba Kalpataru Tingkat Provinsi. (Hrm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini