Tim Perancang Operasi Laut Dari TNI AL dan TLDM Bertemu di Batam

0
143

Jakarta, Sigap88news.com – Kerjasama antar TNI AL dan TLDM (Tentara Laut Diraja Malaysia) terus berkesinambungan guna menjaga keamanan perairan wilayah laut, utamanya perairan perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Wujud hubungan kerjasama yang telah berjalan dari tahun ke tahun yaitu kerjasama dalam pengamanan perairan perbatasan yang memiliki kerawanan tindak pelanggaran hukum dan kejahatan dengan menggelar Patroli Terkoordinasi Malaysia-Indonesia (Patkor Malindo) yang telah terbukti bahwa hubungan antar negara Indonesia dan Malaysia sebagai negara bertetangga menjadi semakin harmonis dan mampu mendemonstrasikan interoperabilitas yang professional dalam menjaga stabilitas keamanan perairan perbatasan Indonesia-Malaysia, utamanya di Selat Malaka.

Tahun 2023 TPOL MALINDO (Tim Perancang Operasi Laut Malaysia-Indonesia) melaksanakan sidang bersama dipimpin Ketua Delegasi TPOL Indonesia Laksma TNI Retiono Kunto dan Ketua Delegasi TPOL Malaysia Laksma Fadhil bin Abdul Rahman di Batam, pada Kamis (16/03/2023).

Lantamal IV Batam yang memiliki wilayah kerja berbatasan langsung dengan Malaysia menjadi tuan rumah terselenggaranya rapat TPOL ke-46 tersebut.

Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal Laksma TNI Retiono Kunto sebagai Ketua Delegasi TPOL Indonesia dalam amanatnya menyampaikan pelaksanaan Patkor Malindo ke-159 di perairan Selat Malaka ini semakin baik dari waktu ke waktu.

Hal itu dibuktikan dengan semakin baiknya koordinasi antar angkatan laut kedua negara, serta semakin menurunnya angka pelanggran hukum dan tindak kejahatan.

Waasops Kasal menyebutkan selain aktivitas Patkor Malindo, TPOL juga telah berhasil melaksanakan arahan ketua Coordinated Operation Control Comitee (COCC) ke-70 yang dilaksanakan pada (19/01/2023) lalu di Jakarta.

Sesuai dengan pernyataan Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali diberbagai kesempatan, TNI AL selalu siap bekerjasama secara professional untuk mewujudkan stabilitas kawasan. Ini merupakan kesempatan baik bagi perwira muda Angkatan Laut kedua negara untuk belajar dan berinteraksi satu sama lain secara professional. (AR_red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini