Sarjana Kuburan Bansel Besama Pilar Komuniti Menggelar Haul Sultan Hasanudin Banten

Editor
Ragam 1.1k Views
2 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Komunitas yang tergabung dalam Sarjana Kuburan (Sarkub) Banten Selatan bersama Pilar Comuniti dan Ponpes Bani Ilyas menggelar Haul Sultan Hasanudin Banten, bertempat di Ponpes Bani Ilyas Kampung Pagenggang, Desa Sumberwaras, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, Ahad (07/04/2024).

Dalam kegiatan tersebut Sarkub juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu sekaligus buka bersama.

Asep, Ketua Sarkub Banten Selatan mengatakan kegiatan tersebut merupakan yang pertama dan akan menjadi rutinitas setiap tahun.

“Hari ini Sarkub Banten Selatan bersama Pilar Komuniti dan Ponpes Bani Ilyas Mengadakan Haul Sultan Hasanuddin Banten dan santunan kepada anak yatim di Desa Sumberwaras Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak. Ini akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun di bulan Ramadhan,” ucapnya.

Hal yang sama dikatakan Kyai Uci Sanusi, Pimpinan Ponpes Bani Ilyas. Dalam sambutannya ia mengungkapkan kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama masyarakat dan menjaga ukhuwah Islamiyah.

“In sya Allaah kami akan berkomitmen membantu masyarakat dalam bidang sosial dengan berbagai kegiatan di Banten Selatan,” katanya.

Diketahui, pada kegiatan tersebut digelar beberapa rangkaian kegiatan seperti pemberian santunan untuk anak yatim piatu, penampilan Hadroh yang diisi oleh santri Ponpes Bani Ilyas dibawah pimpinan Kyai Irvan Jazuli yang begitu semangat menghibur para anak yatim dan jamaah yang ikut hadir. Selain itu, mereka juga dihibur dengan suara merdu Toriq Almi’roj yang melantunkan ayat ayat suci Alqur’an, dibacakan oleh para santri Bani Ilyas. Kemudian berbuka puasa bersama dan melaksanakan sholat maghrib berjamaah dan sholat Taraweh.

Selepas itu, pukul 09.00 WIB, acara dilanjutkan dengan membacakan Manaqib Sultan Hasanudin Banten, dipimpin langsung oleh Kyai Uci Sanusi (Pimpinan Ponpes Bani Ilyas).

Diakhir kegiatan, acara ditutup dengan menampilkan kesenian debus yang diisi oleh anggota PPMI dibawah kepengurusan Ijang Haidar. (AR_red)

TAGGED:
Share This Article