Buah Karya Aba Idi, Alun-alun Trunojoyo Sampang Jadi Destinasi Favorit Pemudik

Editor
Ragam 999 Views
2 Min Read

Sampang, sigap88news.com – Alun-alun Trunojoyo Sampang Madura, Jawa Timur, menjadi salah satu tujuan favorit para pemudik saat berkunjung ke kampung halaman. Selain menikmati keindahan pantai, banyak warga Sampang yang memilih untuk menghabiskan waktu di alun-alun pusat kota.

Pada masa kepemimpinan H. Slamet Junaidi telah mengubah wajah Sampang yang memiliki alun-alun dengan icon budaya Madura yaitu patung Kerapan Sapi, sehingga menjadi magnet tersendiri untuk menarik warga Sampang bahkan Madura dan luar Madura. Alun-alun ini menawarkan area yang luas untuk bermain dan berfoto bersama keluarga atau teman lama.

Meskipun pembangunannya masih tergolong baru, antusiasme warga sangat tinggi. Banyak warga perantauan yang penasaran dengan penampilan alun-alun ini yang sering muncul di media sosial. Dibangun sejak 2022, alun-alun ini membuat perantauan tidak minder mengaku orang Sampang.

Alun-alun dilengkapi dengan Air mancur dan payung raksasa dan dikelilingi produk UMKM lokal. Salah satu daya tariknya, adalah bangunan didepan ditampilkan dengan patung Kerapan Sapi besar sehingga mengundang daya tarik tersendiri.

Mahbubah (32), seorang pemudik dari Jakarta, mengungkapkan kekagumannya terhadap alun-alun Trunojoyo.

“Banyak perubahan ya di Sampang dan tempatnya menarik untuk berfoto. Saya penasaran banget, karena ketika mudik ini selalu berkunjung ke Alun-alun, yang sebelumnya tidak pernah dimiliki oleh Sampang,” ujarnya.

Mahbubah juga memberikan pujian terhadap pembangunan jalur lintas selatan (JLS) sehingga sangat mengurangi kemacetan di kota Sampang.

“Saya terakhir pulang itu 2021, perubahan sangat signifikan. Tidak ada lagi kemacetan yang kayak dulu, pedagang kaki lima yang semrawut, dan parkir di alun-alun membuat suasana lebih nyaman,” katanya.

Selain itu, pembangunan JLS memberikan kenyamanan bagi pengendara luar Sampang dan membantu mengurangi kemacetan. Meskipun mengakui kemajuan pembangunan di Sampang, Bubah berharap pembangunan juga terus merata di daerah-daerah lain yang masih memiliki jalan rusak seperti yang dicita-citakan oleh pria yang akrab disapa Aba Idi itu.

“Jalur lintas selatan sangat membantu. Namun, kami berharap pembangunan juga mencakup daerah luar kota yang masih membutuhkan perbaikan, pada masa bupati H. Slamet Junaidi pembangunan sangat merata apalagi cita-citanya segala pembangunan di kabupaten Sampang harus selesai semua” tambahnya. (Ari)

Share This Article