Jalan Poros Desa Penghubung Dua Kecamatan Menuju Wisata Air Panas di Desa Senanghati Terancam Putus

Editor
Insiden 639 Views
3 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Jalan poros desa sepanjang 5 km yang juga merupakan akses mobilitas perekonomian masyarakat di Desa Senanghati, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten dikeluhkan warga.

Selama lebih dari 6 tahun jalan satu-satunya menuju destinasi wisata pemandian air panas di wilayah selatan Kabupaten Lebak atau sebaliknya menuju Ibu Kota Kecamatan Malingping itu sudah rusak, bahkan nyaris putus karena longsor sehingga mengkhawatirkan keselamatan pengguna jalan.

Agus Sumantri, Kepala Desa Senanghati mengatakan pihaknya sudah mengusulkan ke pemerintah daerah agar sepanjang jalan tersebut segera diperbaiki, namun belum direalisasikan.

“Jalan poros desa menuju wisata air panas ini bukan tidak ada usaha dari pihak desa untuk membangun jalan tersebut, Kami juga sudah berusaha mengusulkan pada tahun 2023 ke Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, bahkan waktu itu diantar langsung oleh Camat Kecamatan Malingping,” ungkap Agus, Kamis (18/04/2024).

Agus juga mengatakan masih banyak yang harus dibangun di desanya dengan anggaran yang cukup besar. Sedangkan jalan tersebut menghubungkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Wanasalam (Desa Cilangkap) dan Kecamatan Malingping (Desa Senanghati).

“Saya berharap kepada pemerintah daerah kabupaten Lebak untuk bisa segera membangun jalan ini, apalagi jalan tersebut jalan menuju wisata. Sementara kalau kita gunakan dana desa untuk bangun jalan itu gak cukup, jalan desa juga masih banyak yang harus dibenahi,” tutur Agus.

Hal yang sama diungkapkan Fahru, warga setempat. Ia sangat menyayangkan jalan satu-satunya yang biasa digunakan dalam beraktivitas menjalankan roda perekonomian masyarakat hingga saat ini kondisinya mengkhawatirkan.

“Kalau jalan seperti ini maka bukan tidak mungkin ketika warga menjual hasil buminya besar diongkos dan sedikit pendapatan, bahkan bisa jadi rugi akibat tidak sebanding dengan apa yang didapatkan. Jadi karena jalan itu sangat penting bagi perputaran perekonomian masyarakat, maka saya mewakili warga bahwa kami meminta agar pemerintah desa maupun kabupaten untuk segera memperbaiki jalan ini, apalagi banyak wisata juga yang datang ke sini (Wisata Air Panas). Kalo gak segera ada perbaikan ya bisa jadi kapok gak mau berkunjung lagi, cetus Fahru.

Dihubungi terpisah, salah satu pejabat pada Dinas PUPR Kabupaten Lebak, H Kuncoro akan mempelajarinya dan segera melakukan hal-hal yang diperlukan guna menentukan langkah selanjutnya.

Pantauan media, disepanjang jalan tersebut aspalnya sudah banyak yang mengelupas menyisakan batu kerikil dan berlubang. Bahkan, di beberapa titik perlu segera dipasang bronjong di kiri-kanan untuk menahan badan jalan agar tidak terputus terbawa longsor ke jurang. (AR)

TAGGED:
Share This Article