Ratusan Rumah Tergenang Luapan Sungai Cibeureum, Warga Siap Mengungsi

Editor
Insiden 473 Views
2 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Akibat hujan deras yang turun pada Rabu (01/05/2024) malam pukul 21.00 WIB, masyarakat Desa Cibeureum, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, bersiap-siap mengungsi lantaran air Sungai Cibeureum meluap dan menggenangi ratusan rumah di daerah itu.

“Kami siap mengungsi bersama keluarga karena air Sungai Cibeureum meluap,” kata Juhedi (50), tokoh masyarakat Desa Cibeureum, Kamis (02/05/2024).

Disebutkan, permukiman Kampung Lojor, Kampung Bongkok, Kampung Jamlaung, dan Cidadap, bersiap-siap untuk mengungsi karena ada luapan air Sungai Cibeureum.

“Kami mengimbau masyarakat di wilayah itu agar meningkatkan kewaspadaan menyusul Sungai Cibeureum meluap agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material yang lebih besar,” kata Juhedi.

Nurman (45) warga Kampung Bongkok, Kabupaten Lebak, mengaku saat ini tengah menyelamatkan peralatan rumah tangga dan padi ke tempat yang lebih aman.

“Kami sekarang sudah meninggalkan rumah karena Sungai Cibeureum terus meluap dan belum ada tanda-yanda surut,” kata Nurman.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal mengatakan BPBD akan mengirimkan peralatan evakuasi ke lokasi-lokasi banjir, berupa perahu dan pelampung.

Banjir yang melanda Desa Cibeureum, Kabupaten Lebak, untuk data pertama menyebabkan 107 rumah terendam banjir. Namun dipastikan jumlahnya bertambah karena Sungai Cibereum meluap.

“Kami mengutamakan keselamatan masyarakat yang terdampak banjir dengan peralatan evakuasi, juga bantuan logistik serta tenda untuk menampung warga,” kata Agust Riza. (AR_red)

TAGGED:
Share This Article