Pembangunan Jalan Pasir Kuray-Cisitu Diduga Gagal Kontruksi, LPI Desak KPK Turun Tangan

Editor
Insiden 465 Views
2 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Laskar Pasundan Indonesia (LPI), akan menggelar unjuk rasa ke kantor satuan kerja (satker) dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN). Rencana aksi ni merupakan bentuk kekecewan terhadap rusaknya jalan nasional Pasir Kuray-Cisitu yang baru 4 bulan diserahterimakan sudah rusak kembali.

Baca :
Baru Berumur 4 Bulan Reservasi Jalan Pasirkuray – Cisitu Betonnya Sudah Patah Berongga ☞ https://wp.me/p9hjXO-s0U

“Kami menduga adanya ketidakberesan dalam kontruksi pekerjaan sebab informasi yang didapat dari tokoh kasepuhan dalam pelaksanaan tersebut pengecoran menggunakan kendaraan dump truk, tentu saja dapat mempengaruhi suhu beton, ditambah pembesian yang tidak maksimal, akibatnya rigit beton patah hingga berongga di beberapa titik,” kata ketua ormas LPI, Rahmat Hidayat, kepada wartawan, Ahad (04/05/2024).

Menurut Rahmat, tidak semudah itu pihak kontraktor untuk memperbaiki kembali jalan tersebut sekalipun masih dalam masa pemeliharaan. Artinya, kata dia perlu dilakukan audit investigatif yang komprehensif terhadap struktur bangunan jalan dengan mutu dan kualitas pekerjaan termasuk audit administrasi oleh pihak terkait, dalam hal ini BPK.

Rahmat mengatakan akan segera menyerahkan beberapa hasil analisa data dan fakta yang didapatkan di lapangan kepada pihak KPK RI, agar hal ini segera ada tindakan tegas. “Yang jelas pihak LPI mendesak agar KPK segera turun tangan memanggil dan memeriksa kepala BPJN Banten serta PPK Satker dengan dugaan pembiaran dan lemahnya pengawasan yang dilakukan,” tegasnya.

Dikatakan Rahmat, dengan kejadian ini dirinya menduga tidak menutup kemungkinan pihak pelaksana hanya mencari keuntungan semata, sebab tidak memperhatikan mutu dan kualitas pekerjaan diperburuk dengan lemahnya pengawasan.

“In sya Allah dalam waktu dekat ini kami akan melayangkan surat ke kementerian PUPR terkait dengan pelaksanaan jalan Pasirkuray-Cisitu dengan buktinya, termasuk juga ke aparat penegak hukum,” tandasnya. (AR_red)

TAGGED:
Share This Article