Dandim Bojonegoro hadiri Kegiatan Pendistribusian Bantua Pompa Air dari Kementan RI

Editor
Siap Ndan! 430 Views
4 Min Read

Bojonegoro, sigap88news.com – Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., turut menghadiri kegiayan pendistribusian bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia kepada Kelompok Tani (Poktan) di Aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (7/5/2024).

Sebanyak 12 (dua belas) unit pompa air bantuan dari Kementan Republik Indonesia diberikan kepada Poktan Rukun Makmur Desa Penganten Kecamatan Balen, Poktan Sumber Makmur I, VI, VII Desa Kanten Kecamatan Trucuk, Poktan Tani Lestari I dan II Desa Pagerwesi Kecamatan Trucuk, Poktan Margo Rukun Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk, Poktan Karya Makmur I Desa Cengkir Kecamatan Kepohbaru, Poktan Sumber Urip Desa Payaman Kecamatan Ngraho, Poktan Podo Maju Desa Bancer Kecamatan Ngraho, serta Gapoktan Margomulyo Desa Rendeng dan Poktan Mukti Tani III Desa Kliteh Kecamatan Malo.

Selain Dandim 0813 Bojonegoro, hadir dalam kegiatan ini diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bojonegoro, Drs. Kusnandaka Tjatur Prasetijo, M. Si., Kepala DKPP Kabupaten Bojonegoro, Helmy Elisabeth, SP., MM., Danramil jajaran Kodim 0813 Bojonegoro, Kabid dan Staf jajaran DKPP Kabupaten Bojonegoro, serta para Babinsa dan Poktan penerima bantuan pompa air.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Helmy Elisabeth, SP., MM., mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro terus berupaya melakukan perbaikan dibidang ketahanan pangan dari sektor alam, salah satunya ketahanan pangan yang dibutuhkan saat ini adalah air untuk lahan persawahan.

Lahan pertanian (Persawahan) di Kabupaten Bojonegoro merupakan yang terbesar kedua se- Jawa Timur, namun untuk produksinya masih belum maksimal. Hampir 57 persen lahan di Kabupaten Bojonegoro adalah tadah hujan atau cadangan air, dan sekitar 15 ribu hektar persawahan yang bisa panen sampai tiga kali.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0813 Bojonegoro beserta jajaran yang terus mendukung, dan memerintahkan jajaran Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro untuk mencari sumber mata air bersama para kelompok tani diwilayah binaan.

“Kami meminta Kodim 0813 Bojonegoro untuk selalu bersinergi dalam peningkatan produksi, agar petani di Kabupaten Bojonegoro dapat makmur, aman dan terjaga,” ucap Helmy Elisabeth, SP., MM.

Dalam sambutanya, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., mengucapkan puji syukur, terima kasih dan rasa bangga kepada semua pihak yang dapat menjaga, memelihara dan meningkatkan sinergitas antara TNI Angkatan Darat dengan Aparat Pemerintah diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

Tujuan diadakannya kegiatan
Pendistribusian bantuan pompa air dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia tahun 2024 ini adalah untuk
menyelaraskan dan meningkatkan koordinasi, sehingga apa yang menjadi tuntutan dari pimpanan dapat terwujud dan sasaran sesuai yang diharapkan.

Dandim 0813 Bojonegoro berharap dengan adanya bantuan pompa air Kementan RI tersebut dapat dijaga dan dirawat bersama-sama. Karena merawat dan menjaga amanah ini merupakan tugas kita bersama, jangan sampai nanti penggunaannya untuk kepentingan pribadi.

Selain itu, pihaknya juga mengajak kepada semua pihak untuk saling bahu membahu dan merapatkan barisan meningkatkan Ketahanan Pangan serta menjalin sinergitas antara TNI Angkatan Darat dengan aparatur pemerintah, sehingga Kabupaten Bojonegoro ini semakin solid.

“Bantuan alat pompanisasi ini kemungkinan akan terus berlanjut untuk mendukung perningkatan ketahanan pangan. Kami juga akan menginstruksikan para Babinsa untuk membantu masyarakat dalam mencari sumber air,” tegas Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.(Tris)

TAGGED: ,
Share This Article