Ratusan Mahasiswa UTM Gelar Demo Buntut Problematika UKT

Editor
Insiden 128 Views
2 Min Read

Bangkalan, sigap88news.com – Gerakan Mahasiswa (GEMA) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang diinisiasi oleh BEM KM UTM beserta mahasiswa dari berbagai fakultas menggelar aksi demonstrasi pada Kamis, (16/5/ 2024).

Aksi ini dipicu oleh kurangnya keterbukaan informasi dari pihak rektorat terkait penentuan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), yang dinilai menimbulkan polemik di kalangan mahasiswa.

Mahasiswa menuntut transparansi informasi sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

Para mahasiswa merasa terdapat kejanggalan dalam proses penentuan tarif UKT. Mereka menganggap bahwa penyampaian informasi terkait tarif UKT cacat secara administrasi, dan tidak tepat sasaran.

Moh. Anis Anwari Selaku Presma UTM mengatakan, keterbukaan informasi sangat penting agar mahasiswa mengetahui alasan di balik penetapan besaran UKT. Oleh karena itu, mahasiswa menuntut agar Universitas Trunojoyo Madura berkomitmen memberikan pelayanan informasi publik yang transparan, akuntabel, dan mudah diakses.

Tak hanya itu, dia mengaku gerakan ini lahir secara organik atas dasar keresahaan yang terjadi pada mahasiswa UTM terutama mahasiswa baru UTM 2024.

“Polemik ini menjadi isu yang hangat dibahas oleh kawan kawan mahasiswa diforum diskusi, forum perkopian dan dari hulu hingga hilir,” Ucap Moh. Anis Anwari.

Korlap aksi Imamuddin Syafrie secara lantang menyampaikan, miskin ada sebuah problematika tetapi bukan sebuah alasan untuk tidak berpendidikan.

” Maka dari itu kami dengan ratusan kawan kawan mahasiswa akan mengawal isu kenaikan UKT sampai tuntas aga semua mahasiswa baru bisa merasakan pendidikan yang selayak layaknya,”tegasnya. (Ari)

TAGGED: , ,
Share This Article