Puluhan Santri Bersihkan Sampah Bekas Acara Seba Baduy

Editor
Sosbud 750 Views
2 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Acara Seba Baduy 2024 yang dilaksanakan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten membawa kesan yang mendalam. Disela-sela kemeriahan acara tahunan suku adat di pedalaman Lebak tersebut beberapa pengunjung dibuat terkesima melihat keberadaan puluhan santri dari Yayasan Mengetuk Pintu Langit membersihkan sampah di sepanjang lokasi.

Dengan sigap puluhan santri itu mengumpulkan sampah yang berserakan, sehingga keberadaan mereka membuat kawasan sepanjang jalan melintasnya ribuan warga Baduy dan pengunjung itu menjadi bersih kembali seperti semula, sampah yang berasal dari pengunjung tak berbekas sama sekali.

“Kita berterima kasih kepada puluhan santri dari Yayasan Mengetuk Pintu Langit yang membersihkan sampah di lingkungan lokasi Seba Baduy 2024,” kata Agus Djaelani seorang warga sekitar lokasi Seba Baduy, kepada media, Sabtu (18/05/2024).

Penanggung jawab yang juga pimpinan Yayasan Mengetuk Pintu Langit, H Deden Sunandar mengatakan, bersih-bersih sampah di lokasi Seba Baduy 2024 tersebut merupakan inisiasi para santri yang tergabung dalam komunitas santri peduli lingkungan yang menyadari jika besar kemungkinan terdapat tumpukan sampah yang berasal dari masyarakat dan pengunjung Seba Baduy.

Dengan begitu kata H Deden, pihaknya mengajak semua santri untuk ikut aktif terlibat pada acara Seba Baduy dengan cara memungut sampah yang berserakan. Langkah itu dilakukan, selain untuk membantu pemerintah daerah juga bagian dari pada keperdulian para santri untuk ikut mensukseskan acara Seba Baduy.

“Sekitar 20 santri terlibat dalam acara santri peduli lingkungan. Aksi yang kita lakukan adalah memungut setiap sampah yang berserakan di lokasi acara Seba Baduy,” tutur H Deden Sunandar.

Kata H Deden, aksi membantu memberiskan sampah tersebut akan terus ia lakukan diberbagai acara kenegaraan dan sejenisnya. Karena, santri juga ingin ikut terlibat aktif dalam mengisi pembangunan.

Iwan Sutikno, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak memberikan apresiasi kepada santri dari Yayasan Mengetuk Pintu Langit yang telah terlibat aktif dengan cara membersihkan sampah di sekitar lokasi kawasan Seba Baduy 2024.

“Kita apresiasi kepada santri yang telah terlibat aktif diacara Seba Baduy, semoga ini menjadi contoh bagi yang lainnya,” ujar Iwan. (AR_red)

TAGGED:
Share This Article