Distan Gayo Lues Gelar Pelatihan Budidaya Tembakau

0
188

GAYO LUES, sigap88news.com – Dinas Pertanian kabupaten Gayo Lues  menggelar pelatihan budidaya tanaman tembakau jenis white burley.

Pelatihan ini digelar selama 3 hari sejak hari ini, Kamis (5/12/2019) hingga Sabtu (7/12/2019) mendatang di Hotel Marmas, Blangkejeren, Gayo Lues.

Pelatihan yang dilakukan dinas pertanian melalui bidang perkebunan yang ikuti 150 peserta, terdiri dari perwakilan kelompok tani yang berasal dari 8 kecamatan se-kabupaten Gayo Lues adalah Blangkejeren, Blangjerango, Blangpegayon, Kuta panjang, Rikit gaib, Pantan cuaca, Terangun dan Tripe jaya.

Kadis Pertanian Gayo Lues, Zakaria S.Hut MP melalui Kabid Perkebunan Riduan SP mengatakan, “kita berharap kepada semua peserta agar serius mengikuti pelatihan ini, sehingga apa yang di sampaikan bisa implementasikan ketika berada di lapangan oleh semua petani dalam mengelola tanaman perkebunan,”

Tambahnya, kita akan membantu petani dalam hal menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan tentang pengelolaan dan pemasaran tanaman tembakau yang berada di Kabupaten gayo lues untuk lebih maju.

“Saat ini gayo lues termasuk kabupaten terluas mengambangkan tembakau di Provinsi Aceh, dan disamping itu, sebagian petani gayo lues juga sudah mendapat bantuan dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) yang disalurkan oleh Dinas pertanian selama ini,” Tutupnya. (Edi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here