Sekda Aceh : Mari Kita Pergunakan Dana Desa Dengan Bijak

Moh Yusuf
Pemerintahan 907 Views
2 Min Read

Gayo Lues, sigap88news.com –  Dana Desa jangan selalu di programkan untuk fisik saja seperti pembuatan rabat beton, manfaatkan dana desa dengan baik dan bijak, dan jangan dipergunakan untuk hal yang tidak penting.

Hal tersebut tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh dr.Taqwallah, M.Kes, Senin (9/12/2019) di Oproom Setdakab Gayo Lues, dalam rangka kunjungan kerja evaluasi pengelolaan Dana Desa dan gerak Bersih Rapi Estetis dan Hijau (BEREH) di Kabupaten Gayo Lues.

“Sebelum terbenamnya bulan Desember diharapkan segala urusan wajib diselesaikan, karena pada awal Tahun 10 Januari anggaran harus sudah cair, dana desa tujuannya untuk mengatasi pengangguran dan kelompok tani yang rentan,” Tegas Taqwallah.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Gayo Lues, H.Said Sani, mengansumsikan jika dana desa yang terkucur sejak 2015 hingga sekarang, “semestinya tak ada lagi masyarakat yang  susah, dalam hal ini Camat harus berperan dalam SPJ Pemerintahan Desa,” Tegas Said Sani.

Laporan dari panitia Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Jata, SE,. menjelaskan, jumlah penduduk Gayo Lues kurang lebih 100 ribu jiwa dari 11 Kecamatan.

Jata memilih secara acak 3 Kepala Desa (Kades) untuk mempresentasikan perkembangan desanya masing-masing, Kades Agusen, Ulun Tanoh, dan Rikit Gaib.

Dalam Kesempatan Itu, “Kampung Agusen sebelumnya terkenal sebagai kampung rawan narkoba karena memiliki tanaman ganja terbaik di dunia. Namun adanya dana desa, kampung Agusen kembali menjadi Kampung penghasil Kopi terbaik di Gayo Lues,” Papar Kades Agusen, Ramadan Saat Presentase

Namun, Kades Ulun Tanoh, Suhardi  mengatakan, ” penggunaan dana desa telah diprogramkan untuk membuat desa setempat bersih, seperti membeli becak sampah beserta alat kebersihan lainnya, kami juga melakukan pembangunan daerah perkebunan yang berkerjasama dengan 4 desa lainnya”, Katanya Suhardi.

Kemudian, “Bahwa dana desa pada Kampung diperuntukkan untuk meningkatkan kualitas Agama, sebab beberapa waktu lalu dari Rikit Gaib telah memenangkan MTQ tingkat Kabupaten,” Ujar Kades Kota Rikit Gaib, Taher.

(Edi)

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *