Pengamat Politik: Sosok Cawawali Perempuan jadi Penentu Pilwali Surabaya 2020

0
276

Surabaya, Sigap88news.com – Pada Pilwali sebelumnya 2010 dan 2015 di Surabaya dominasi PDI Perjuangan seakan tak tertahankan, bahkan dalam lima tahun yang lalu sosok Tri Rismaharini sebagai cawali yang diusung partai berlambang banteng itu menjadi sosok yang superior memenangi dua kali kontestasi.

Kemenangan dengan mudah yang biasa diraih kader PDIP dalam setiap hajatan Pilwali Surabaya agaknya bisa saja berubah, sejak kemunculan Machfud Arifin, mantan Kapolda Jatim yang juga ikut meramaikan bursa Cawali Surabaya.

Menurut pengamat komunikasi politik, Moch. Mubrok Muharam, persaingan akan semakin ketat bila terjadi pertarungan head to head antara Machfud Arifin dengan jago yang diusung partai besutan Megawati itu.

“Bila itu terjadi, calon wakil wali kota yang dipilih akan berpengaruh untuk menentukan pemenang pilwali,” kata Mubarok, yang juga ketua Lembaga Transformasi (Letram).

Mubarok menambahkan, karena banyaknya pemilih dari perempuan untuk menguatkan elektabilitas, sebaiknya Machfud ataupun Cawali dari PDIP harus memilih Cawawali dari unsur perempuan.

“Di Surabaya banyak politisi perempuan yang layak jadi Cawawali, diantaranya Arzeti Bilbina dan Lia Istifhoma,” jelas pengajar pada Fisipol Universitas Darul ‘Ulum Jombang itu. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here