Unjuk Rasa Karyawan PTP Minanga Ogan Menuntut Gaji yang Belum Dibayarkan

0
483

Baturaja, Sigap88News.Com || Lebih 1000 massa Aksi Unjuk rasa Karyawan PTP Minanga Ogan Pagi ini Pukul 09.00 WIB mendatangi Gedung kantor DPRD KAB OKU Jl.Gajah Mada No.1 Baturaja Kabupaten OKU, Kamis (03/09/2020)

Aksi Unjuk Rasa damai Karyawan PTP Minanga Ogan ini di pimpin oleh Koordinatori Aksi bapak Studin dan bapak Tanjimi (Karyawan PTP Minanga Ogan) dan Koordinator Lapangan : Erlan Nofery (ketua serikat pekerja PTP Minanga Ogan), Andi (Sekretaris SPTP Minanga Ogan) Serta Para Ketua Lini Afdeling.

Aksi Unjuk Rasa oleh Karyawan PTP Minanga Ogan ini Menuntut Gaji dan pembayaran yang belum dibayarkan oleh Managemen PTP Minanga Ogan.

Adapun tuntutannya yaitu :
• Menuntut Pembayaran Upah + THR 50% (Upah 3 Bulan + THR 50%)
• Tunjungan Uang Transformasi dan BBM
• Tunjungan Token Listrik Bagi yang tinggal diperumahan. Yang belum dibayarkan selama 3 tahun lebih
• Tunjangan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenaga Kerjaan dan Jamsostek
• Uang Pensiunan 70 orang ( Terdiri dari 64 orang pensiun normal dan 6 orang meninggal dunia)
• Mohon Kembalikan Uang Koperasi Para Karyawan.

Massa pengunjuk rasa sebelum mendatangi Gedung DPRD OKU Pada pukul 07.00 wib berkumpul terlebih dahulu di Halaman Masjid Soeleman Minanga Ogan untuk mendengarkan Arahan dan Tata Tertib Aksi Unjuk yang disampaikan oleh Koordinator Lapangan Erlan Nofery dan diteruskan Arahan dari Kapolsek Lubuk Batang Iptu Harianto.

Kapolsek Lubuk Batang Iptu Harianto menyampaikan, Kiranya para Massa pengunjuk Rasa dapat Mengikuti Tata Tertib yang telah ditetapkan.

“Sebagai Pihak Keamanan Kami akan mengawal para pengunjuk rasa dari mulai menuju gedung DPRD sampai Kembali lagi ke Minanga Ogan,”ujar Kapolsek.

Harapan kita bersama kiranya aksi unjuk Rasa ini berjalan dengan lancar serta tuntutan hak karyawan bisa terpenuhi dan di dalam melakukan aksi ditekankan untuk tidak membawa sajam juga tidak melakukan aksi anarkis,” Ujar Kapolsek Iptu Harianto di hadapan massa.

Selesai mendapatkan Arahan, Pukul 08.00 WIB Para Massa Unjuk Rasa Menuju Kantor DPRD Kab.OKU dengan pengawalan dari pihak TNI/POLRI dan tiba di Gedung DPRD OKU Pukul 09.00 WIB. Namun sayang saat massa tiba perwakilan DPRD OKU didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kab OKU
menyampaikan permohonan maaf karena seluruh anggota DPRD OKU sedang tidak berada tempat karena mereka sedang kunjungan kerja di luar Daerah.

Walaupun tidak ada anggota DPRD yang di tujuh pendemo tetap bersemangat meneruskan Aksinya menyampaikan orasi dan tuntutan serta meminta agar Bupati OKU bisa hadir didepan mereka, pendemo mengancam jika tidak ada keputusan maka pendemo tidak akan meninggalkan lokasi tempat mereka berdemo.

Mendengar demikian, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kab OKU Drs.Slamet Riyadi M.Si menyampaikan kepada Aksi massa bahwa Tuntutan Akan disampaikan kepada Bupati dan Bupati OKU akan segera hadir, “Ujarnya dihadapkan peserta aksi.

Tidak lama kemudian Bupati OKU Drs, H. Kuryana Azis dan Rombongan tiba di lokasi dan menemui para peserta Aksi Unjuk Rasa Karyawan PTP Minanga Ogan.

Bupati OKU Drs.H.Kuryana Azis mengatakan,
Pemerintah Kab OKU, Kapolres OKU, Dandim 0403 /OKU dan Kajari OKU sudah mengetahui permasahalan yang ada di PTP Minanga Ogan.

kami juga sudah membicarakan permasalahan ini kepada Pihak Direksi PTP Minanga Ogan melalui virtual.
Hasil Rapat telah dituangkan dalam sebuah kesepakatan yang diantaranya untuk menutup Hutang, Direksi PTP Minanga Ogan sudah memberikan kebijaksanaan kepada Yusdi Simbolon sebagai GM Operation PTP Minanga Ogan untuk mengelola sepenuhnya PTP Minanga Ogan.”Ujar Bupati.

Diteruskan, Hasil produksi TBS akan dijual ke pihak ke 3 dan hasil penjualannya akan digunakan untuk membayar gaji karyawan dan staff yang tertunggak serta untuk membayar operasional kebun.

Ditambahkan Bupati, Mengenai teknis pembagian hasil akan diatur oleh GM PTP Minanga Ogan Para Serikat Pekerjaan dan SPTP Minanga Ogan. dalam melakukan pemanenan pihak POLRES dan KODIM 0403 / OKU akan mengawal nya.

“inilah usaha dari Pemkab OKU untuk membantu para Karyawan PTP Minanga Ogan, jika karyawan tidak cocok dengan kesepakatan maka dipersilahkan untuk menempuh jalur hukum,” pungkas Bupati OKU.

Sementara itu, GM Operation PTP Minanga Ogan Yusdi Simbolon membenarkan apa yang di sampaikan oleh Bupati OKU.

” Apa yang disampaikan Bupatì OKU benar, kita melakukan Panen dan hasilnya jual untuk menutupi gaji yang tertunggak.”Ujarnya.

kita juga akan membuka rekening bersama antara GM PTP Minanga Ogan dan para karyawan, Kesepakatan akan kita diskusikan bersama dan akan membentuk Dewan pengawas serta memastikan bahwa hasil produksi tidak akan dikirim ke Direksi PTP Minanga Ogan.”imbuhnya.

Di kesempatan ini, Kapolres OKU AKBP Arif Hidàyat Ritonga,SIK,MH menyampaikan, agar kiranya para karyawan PTP Minanga Ogan dapat bekerja seperti biasa dengan melakukan panen dan hasilnya akan segera dibagi.

” jika Opsi tersebut tidak bisa diterima bilamana pekerja ingin mengambil Jalur hukum, maka Polres OKU siap mengawal.”Ujar Kapolres.

Kapolres OKU juga berharap, kiranya para karyawan PTP Minanga Ogan bisa bekerja sama dengan Polres OKU untuk menjaga Kondusifitas dan kamtibmas di Kab OKU menjelang Pilkada Tahun 2020.

Massa Membubarkan diri dengan tertib Pukul 11.25 WIB Dilanjutkan rapat intern oleh Pihak DPRD dan Persatuan Serikat PTP Minanga Ogan yang dilaksanakan di ruang BANMUS DPRD Kab OKU, dibuka oleh Sekretaris DPRD Kab OKU. Rustam Alfani, SE,MM Plh.

Sekretaris DPRD Kab OKU Rustam Alfani menyampaikan, Sebagaimana diketahui bahwa kami telah dimandatkan untuk memberikan fasilitas guna melaksanakan Rapat terkait pembayaran gaji Karyawan PTP Minanga Ogan.

“kami akan menampung apa apa yang menjadi tuntutan/aspirasi dan akan menyampaikannya kepada Ketua DPRD Kab.OKU,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris SPTP Minanga Ogan Andi, menyampaikan, Bahwasannya kita telah menemukan 3 opsi yang harus ditempuh bersama yaitu :
• Bahwa kita akan melakukan panen dan Hasil produksi TBS akan dijual ke pihak ke 3 dan hasil penjualannya akan dibagi kepada Para Karyawan
• Menunggu pinjaman dana dari PTP Mitra Ogan
• Menempuh Proses PHI
Kiranya semua ketua Lini dapat mewakili anggotanya untuk memberikan solusi jalur mana yang akan kita tempuh dari ke 3 opsi tsb.

Menanggapi 3 opsi tersebut para Ketua Lini Afdeling melakukan diskusi gelar pendapat Para Ketua lini Afdeling dari hasil diskusi memutuskan Seluruh ketua Lini bersepakat untuk memakai opsi ke 2 yaitu Menunggu pinjaman dana dari PTP Mitra Ogan selama 3 hari kedepan.

Untuk Menindak lanjuti ini, SPTP Minanga Ogan dan GM Minanga Ogan siang ini akan menuju Kota Palembang bertemu dengan GM Mitra Ogan guna memastikan dana Pinjaman, Jika Opsi ke 2 ini gagal, maka SPTP Minanga Ogan akan melakukan rapat kembali. (Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini