Polisi Periksa 6 Pengambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19 di Tuban

0
47

Tuban, sigap88news.com || Petugas Satreskrim Polres Tuban, Jawa Timur, memanggil enam warga yang diduga ikut terlibat pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19 beberapa hari lalu.

Mereka adalah NU (38), N (53), AR (39), warga Karang Tengah, Kecamatan Jatirogo, KN (40), warga Pasean, Kecamatan Jatirogo, MTS (40), warga Klangun, dan M (62), warga Wotsogo, Kecamatan Jatirogo, Tuban.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, mereka diperiksa sebagai saksi atas dugaan melanggar Pasal 212 sub pasal 214 KUHP dan atau Pasal 93 Jo Pasal 9 (1) Undang-undang RI No 6 tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Enam orang tersebut diduga mengetahui dan berada di TKP saat kejadian penurunan paksa jenazah Covid,” kata AKBP Ruruh Wicaksono, saat dihubungi awak media, Kamis (31/12/2020).
Untuk mengusut kejadian pengambilan paksa jenazah Covid-19 di Kecamatan Jatirogo, Polres Tuban juga membentuk tim khusus agar tindakan tersebut tidak terulang lagi.

Ruruh menegaskan, jenazah yang sudah jelas dinyatakan positif Covid-19, maka proses pemakamannya juga harus menggunakan protokol kesehatan secara ketat.

“Jangan sampai ada keegoisan yang justru membahayakan orang lain, seperti mengambil paksa, membuka peti jenazah dan memandikan,” terangnya.

Baca juga: Viral Video Warga Ambil Paksa Jenazah Covid-19 di RSUD Brebes
Dia juga meminta masyarakat agar lebih cerdas dalam bertindak dan tidak mudah terpancing provokasi di tengah situasi penularan Covid-19 yang belum terkendali saat ini.

Sebelumnya, pada Jumat (25/12/2020), AR, tokoh masyarakat Desa Karang Tengah, Kecamatan Jatirogo, Tuban, dinyatakan positif Covid-19 dan meninggal di RSUD Ali Mansur, Jatirogo.(3s/yuk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini