Dinkes Tulungagung Gelar Vaksinasi Lansia Tahap Dua Di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso

0
114

Tulungagung, sigap88news.com || Dinas kesehatan(Dinkes) Tulungagung laksanakan Vaksinasi Covid-19 tahap II di Kabupaten Tulungagung yang dilakukan di pendopo mendapat respons positif dari warga lansia yang menghadiri Vaksinasi Mereka berharap setelah disuntik vaksin dapat menambah imun tubuh dari serangan Covid-19, sehingga dapat beraktivitas dengan lancar.

Awal tahun 2021 lalu, pemerintah Indonesia mulai menjalankan program vaksinasi Covid-19 sebagai upaya membawa indonesia keluar dari situasi pendemi yang sudah belangsung sejak setahun lamanya.

Sebelum vaksin disuntikkan ke rakyat, tokoh penting bagi bangsa yang terlebih dahulu disuntikan vaksin Covid-19. Hal ini tentunya untuk memastikan agar tidak ada keraguan masyarakat terhadap vaksinasi.

Saat menerima suntikan vaksin, masyarakat terlebih dahulu dicek tensi dan suhu badan. Selama melewati proses penyuntikan hingga observasi selama tiga puluh menit, mereka mengaku tidak ada mengalami reaksi negatif yang ditimbulkan dari vaksin tersebut.

Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung, melaksanakan kegiatan vaksin tahap ll di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (14/04/2021).
Ada sekitar 141 peserta yang menerima suntikan vaksin tahap ll tersebut.

Ratusan Lansia yang pernah di vaksin tahap I dinyatakan aman semua, tidak ada keluhan atau aduan efek samping vaksin tersebut. Sehingga selain halal dan aman vaksin dapat menangkal dari tertularnya wabah virus covid-19, yang mana penyebarannya sangat cepat dan mudah menular.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan melalui Kasi pelayanan kesehatan rujukan Sri Anjarwati menjelaskan, untuk vaksin tahap I tujuannya untuk memicu respons kekebalan awal.

“Sedangkan,dosis kedua (booster) untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Antibodi akan optimal setelah 14-28 hari dari suntikan kedua dilakukan.”katanya.

Sri Anjarwati juga berharap setelah adanya vaksinasi, masyarakat bisa menjadi kebal dan terlindungi dari ancaman covid-19.

“Setelah sasaran di vaksin, dapat melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19 dan demi tercapainya kekebalan imunitas atau herd immunity yang maksimal.”harapnya.

Lanjut Sri Anjarwati, Setelah adanya Vaksinasi ini di harapkan masyarakat tetap bisa menjaga dan mematuhi 3 M, Memakai Masker, Menjaga jarak dan Mencuci Tangan.

“Setelah vaksinasi, masyarakat tetap harus patuhi 3M, Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan cara pakai sabun di air mengalir”, Pungkasnya.(sinta)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini