Transformasi SMK Negeri 2 Tuban Menuju Sekolah Unggulan

0
232

“Tuban sigap88news.com||” – Sekolah Menengah Kejuruan 2 Tuban siap memasuki babak baru ,terbukti telah meluncurkan SMK menuju unggulan. “SMK Negeri 2 Tuban adalah terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan dalam pembenahan kondisi SMK saat ini, agar semakin sejalan dengan kebutuhan dunia kerja,” ujar Kepala Sekolah SMK Negeri Tuban Dra .Heni Indriana MM.

Program SMK Negeri 2 Tuban punya tujuan menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja, juga menjadi wirausahawan. Keselarasan antara SMK Negeri Tuban dengan dunia kerja dapat ditempuh melalui pemenuhan delapan aspek link and match.

Pertama, kurikulum disusun bersama sejalan dengan penguatan aspek soft skills, hard skills, dan karakter kebekerjaan sesuai kebutuhan dunia kerja. Kedua, pembelajaran diupayakan berbasis project riil dari dunia kerja sehingga terbangun hard skills, soft skills, dan karakter yang kuat. Ketiga, peningkatan jumlah dan peran guru/instruktur dari industri maupun pakar dari dunia kerja. Keempat, praktik kerja lapangan/industri minimal satu semester. Kelima, sertifikasi kompetensi harus sesuai dengan standar dan kebutuhan dunia kerja, baik bagi lulusan maupun bagi guru/instruktur. Keenam, guru/instruktur ditekankan untuk memperbarui teknologi melalui pelatihan rutin. Ketujuh, dilakukannya riset terapan yang mendukung teaching factory berdasarkan kasus atau kebutuhan riil industri. Terakhir, komitmen serapan lulusan oleh dunia kerja.

PROFIL ORGANISASI

SMK Negeri 2 Tuban terletak di Jl. Prof. M. Yamin, SH No. 106 Tuban merupakan tempat yang sangat strategis karena terletak di jalur utama kendaraan umum lintas Surabaya – Jakarta sehingga para siswa dari manapun dapat dengan mudah sampai di sekolah dengan menggunakan kendaraan umum.

SMK Negeri 2 Tuban memiliki akreditasi “A” kategori Amat Baik pada tahun 2007, untuk semua Program Studi Keahlian. Luas area sekolah hampir mencapai 20.000 m yang terbagi dalam 2 tempat ( lokasi ), namun berdekatan, jarak antara lokasi satu dan dua kurang lebih 200 m. Pada Tahun Ajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Tuban memiliki 49 rombongan belajar (rombel/kelas), dimana kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada pagi hari, SMK Negeri 2 Tuban menyelenggarakan aktivitas pengembangan diri siswa dilakukan untuk kelas X dan XI berupa ekstra kurikuler sesuai bakat dan kemampuan siswa, beberapa prestasi membanggakan dari keikutsertaan dalam lomba-lomba dan kejuaraan telah diraih oleh siswa-siswi SMK Negeri 2 Tuban. Pengembangan diri untuk kelas XII adalah berupa pengayaan/bimbingan belajar untuk mata pelajaran Ujian Nasional yaitu Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia serta teori dan Praktik Produktif.

HIILARKI SEJARAH SMK NEGERI 2 TUBAN.

Seperti kita ketahui bersama bahwa pada tahun 1989 SPG selaku lembaga pendidikan guru SD ditutup, karena berdasarkan kualifikasi lembaga tersebut tidak dapat memenuhi tuntutan kemajuan pendidikan di Indonesia. Guru SD minimal berpedidikan D2 atau setara D2.

Dengan demikian ada beberapa SPG yang dialihfungsikan menjadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), misalnya SPG Surabaya, SPG Malang, ada juga beberapa SPG yang dialihfungsikan menjadi SMA, termasuk SPG Negeri Tuban menjadi SMEA Negeri Tuban, dan pada tahun 1997 nama SMEA diubah menjadi SMK.

Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud nomor 0342/U/1989 tertanggal 5 Juni 1989. Kepala SPG Negeri Tuban sekaligus merangkap Kepala SMEA Negeri Tuban, Jabatan tersebut dipegang oleh Bapak Soewidjijanto, BA yang sudah purna tugas.

Setelah Bapak Soewidjijanto purna tugas, jabatan Kepala Sekolah dilanjutkan oleh Bapak Pandojo yang semula menjabat Kepala KPAA. Terhitung mulai tanggal 4 Maret 2010 Kepala Sekolah dijabat oleh Drs. Abdul Wahab, M.MPd, pada Januari 2017 digantikan oleh Drs. Mujiono, M.Pd dan sejak tgl 26 Mei 2020 Kepala Sekolah digantikan oleh Dra. Heny Indriana, MM.

Tenaga edukatif murni SMEA Negeri Tuban semula hanya 3 orang, sedangkan tenaga lainnya berasal dari alih fungsi Guru – guru SPG Negeri Tuban, kemudian disusul alih fungsi dari KPAA Tuban, tahun ajaran 2014-2015 guru SMK Negeri 2 Tuban berjumlah 114 orang. Tenaga administrasi SMEA dirangkap oleh tenaga administrasi SPG, dan keadaan ini baru berakhir pada tahun ke tiga seiring dengan telah lulusnya semua siswa SPG Negeri Tuban tahun 1991.

Pada tahun berikutnya tenaga administrasi juga mendapatkan limpahan dari KPAA Tuban. Hingga sekarang jumlah tenaga administrasi SMK Negeri 2 Tuban berjumlah 51 orang.

Bangunan yang ditempati oleh SMEA Negeri Tuban adalah bangunan bekas SPG, dan baru tahun keempat mendapat tambahan ruang kelas serta laboratorium, pada saat ini SMK Negeri 2 Tuban memiliki 52 ruang kelas dan 1 ruang kepala sekolah, 6 ruang pendidik, 4 ruang bahasa dan komputer, 8 ruang praktek produktif, 1 ruang perpustakaan, 30 KM/WC, 1 ruang administrasi, 4 ruang unit produksi/teaching factory, 1 ruang kantin, 3 tempat olahraga, 2 tempat beribadah, 1 tempat aula, 1 ruang sekretariat, 1 ruang OSIS, 2 ruang UKS, 1 ruang BKK, 1 Ruang prakerin.

Sebagian dari ruang tersebut ada di sekolah bagian utara yang pada jaman dahulu dipergunakan untuk SMOA, dan setelah SMOA ditutup semua asetnya diserahkan ke SMEA.

Pada tahun pertama kurikulum yang dipergunakan adalah kurikulum 1984. SMEA Negeri Tuban pada awalnya membuka 3 jurusan yang terdiri dari jurusan Perkantoran, Akuntansi dan Manajemen Bisnis yang masing – masing jurusan hanya menerima 1 kelas saja.

Pada saat ini siswa SMK Negeri 2 Tuban terdiri dari 1575 siswa dengan 5 Program Keahlian, yaitu Akuntansi Keuangan dan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, Tata Boga dan Tata Busana.

FASILITAS YANG DIMILIKI SMK NEGERI 2 TUBAN

a. Ruang Laboratorium Program Studi Keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga
b. Ruang Laboratorium Program Studi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran
c. Ruang Laboratorium Program Studi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran
d. Ruang Bengkel Program Studi Keahlian Tata Busana
e. Ruang Bengkel Program Studi Keahlian Tata Boga
f. Ruang Laboratorium Bahasa inggris
g. Ruang Laboratorium Komputer
h. Ruang Perpustakaan
i. Ruang Sekretariat
j. Tempat dan sarana beribadah
k. Tempat dan sarana olahraga
l. Ruang OSIS
m. Ruang UKS
n. Ruang BKK
o. Ruang Teori
p. Ruang Prakerin
q. Tempat parkir
r. Kantin
s. Ruang Pamer

B. VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI
“Terwujudnya sekolah yang kompetitif dan mampu memberikan pelayanan yang prima pada warga sekolah dan masyarakat, menghasilkan tamatan yang berakhlak mulia, berdedikasi, berempati terhadap lingkungannya, dan mandiri”.
MISI
1. Meningkatkan Profesionalisme sebagai Lembaga Pelayanan Pendidikan yang terakreditasi;
2. Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan dengan menerapkan sistem menejemen mutu;
3. Meningkatkan pelayanan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berkarakter, dan berdedikasi tinggi
4. Menciptakan budaya berwawasan lingkungan dalam berperan aktif untuk mencegah kerusakan lingkungan, mengurangi pencemaran lingkungan dan melestarikan keanekaragaman hayati.
5. Menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan keahliannya dan berjiwa wirausaha;
6. Mengembangkan Kerjasama dengan Industri, Perguruan Tinggi, dan berbagai lembaga lain yang terkait;

TUJUAN
1. Semua Kompetensi Keahlian terakreditasi minimal baik
2. Menerapkan sistem sesuai dengan Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015
3. Mencetak lulusan yang berakhlak mulia, santun, dan berbudi pekerti yang luhur
4. Mencetak lulusan yang berdedikasi tinggi dan ikut serta membangun bangsa
5. Mencetak pribadi yang berwawasan lingkungan dan mampu berperan aktif dalam pencegahan kerusakan lingkungan, pengurangan pencemaran dan pelestarian keanekaragaman hayati.
6. Mencetak lulusan yang mempunyai jiwa wirausaha dan mampu bersaing di dunia kerja.
7. Mengoptimalkan semua potensi yang ada di lingkungan sekolah untuk menghasilkan suatu produk alternative yang mampu bersaing dan ramah lingkungan.
8. Mengikuti perkembangan jaman dengan selalu melaksanakan pembaharuan kurikulum dengan melibatkan DU/DI dan instansi terkait lainnya

Pada PPDB kali ini SMK negeri 2 Tuban yang memiliki 5 program keahlian yaitu OTOMASI TATA KELOLA PERKANTORAN, AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA, BISNIS DARING PEMASARAN, TATA BUSANA DAN TAT A BOGA Melakuka penerimaan peserta didik baru secara serentak melalui ONLINE serentak sejawa timur. Informasi tentang PPDB dapat dilihat sebagai berikut

Adapun sarana prasarana yang ada di SMK Negeeri 2 Tuban antara lain :
Bengkel tata boga :

Bengkel tata busana:”

Laboratorium OTKP

Laboratorium Akuntansi

Laboratorium komputer

Laboratorium Bisnis daring pemasaran

Kegiatan uji sertifikasi siswa

(Tris/Ayu Advetorial )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini