Tiga Remaja Lakukan Tubo Ikan Di Desa Pusar Disepakati Tidak Diteruskan Ke jalur Hukum

0
1037

Baturaja oku,Sigap88news.com || Tiga Orang anak remaja tertangkap tangan oleh warga sedang meracuni ikan (Tubo Dupont) di sungai desa Pusar kecamatan Baturaja barat kabupaten OKU kemarin Minggu (12/09), Disepakati tidak di teruskan ke jalur hukum.

Kesepakatan ini hasil musyawarah pihak Kelurahan Batu kuning,Pemdes Pusar, Dinas Perikanan dan pihak kepolisian Polsek Baturaja barat serta Pokmaswas Pusar, bertempat di Polsek Baturaja barat. Senin (13/09/2021).

Ketua Kelompok Masyarakat Pengawasan desa Pusar Garsubi saat ditemui awak media mengatakan kebenaran adanya kejadian tersebut namun Ketiga pelaku tidak di teruskan ke Jalur hukum di karena ketiga pelaku masih anak dibawa umur yang masih pelajar dan tidak mengetahui dampak perbuatan yang dilakukan.

“Ketiga remaja ini mengakui tidak tahu dampak ulah perbuatannya dan menyesali, Maka nya di beri peringatan dulu dengan surat tertulis dan wajib lapor,”ujar Garsubi.

Atas kesepakatan bersama atas kejadian ini terjadinya tindak pidana menangkap ikan dengan barang berbahaya sebagaimana di maksud pasal 84 undang undang no. 45 tahun 2009 tentang perikanan yang dilakukan oleh pelaku M,G dan K. Warga Batu kuning.

Perwakilan dari dinas perikanan sepakat Bersama-sama dengan kepala desa pusar dan lurah batu kuning untuk tidak meneruskan proses hukum terhadap ketiga pelaku tersebut.

Dan akan melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap ketiga pelaku anak tersebut.”tegas Garsubi.

Ditambahkannya, dari kejadian ini dinas perikanan dan bersama kita akan melakukan Sosialisasi lebih Gencar lagi Kepada masyarakat terkait dengan larangan untuk menangkap ikan dengan bahan-bahan berbahaya agar tidak terjadi peristiwa yang sama di kemudian hari.

Kesepakatan bersama ini dihadiri dan disaksikan oleh Kasi Perizinan dan Pengawasan Sumber Daya Ikan Dinas Perikanan Kab OKU M. Alim Hidayatullah, S.Pi, Kabid Pemberdayaan Perikanan Parida Hanim, Kepala desa pusar Zainuddin, Lurah Batu kuning Richi Sefransyah, S.E.MM dan Kanit reskrim Ipda Bustami, Ketua Pokmaswas serta Keluarga Pelaku.

Sebelumnya dikabarkan adanya tiga Remaja tertangkap tangan sedang meracuni ikan dengan cara Tubo di sungai Desa Pusar Minggu (12/09) sekira pukul 08.00 wib.
Penangkapan ketiga remaja ini dilakukan Fajri kadus dusun 2 bersama warga.

Ketiga pelaku ditangkap setelah menebarkan racun ikan yang di campur mie instan. Ketiga pelaku dibawa warga ke rumah kades dan selanjutnya dilakukan pengaman di Polsek Baturaja barat. (Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini