LPAI OKU Ikuti Pelatihan SIMFONI-PPA Tahun Anggaran 2021

0
163

Baturaja oku, Sigap88news.com || Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Kabupaten OKU diwakili oleh IBu Nurdalena mengikuti pelatihan SIMFONI-PPA (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak), Bertempat di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten OKU. Rabu (13/10/2021).

Kegiatan ini diadakan oleh Dinas PPPA Kab oku dan ditujukan bagi seluruh jaringan dan mitra kerja Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten OKU.

Pemerintah Republik Indonesia dalam upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak dari segala tindak kekerasan, telah menyusun berbagai regulasi diantaranya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Sebagai tindaklanjutnya, telah direspon oleh berbagai pihak hampir di seluruh daerah provinsi dan kabupaten/kota, melalui peraturan daerah, peraturan gubernur, dan perbup/perwali dengan  membentuk unit layanan penanganan kekerasan dengan beragam nama, seperti Women Crissis Center (WCC), Pusat Pelayanan Terpadu (PPT), Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A), yang didalamnya terdiri dari unsur  SKPD terkait, rumah sakit atau layanan medis, Aparat Penegak Hukum (APH), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Lembaga Perlindungan Anak (LPA) dan Organisasi Keagamaan.

Seiring dengan terbentuknya lembaga layanan terpadu tersebut, diperlukan sistem pendokumentasian data kekerasan, melalui sistem pencatatan dan pelaporan kekerasan lintas kabupaten maupun lintas provinsi, melalui sistem aplikasi yang terpadu dan komprehensif.

Untuk itu,  Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, telah mengembangkan sistem aplikasi pencatatan dan pelaporan kekerasan perempuan dan anak melalui  SIMFONI PPA (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak), yang dapat di akses oleh semua unit layanan penanganan korban kekerasan perempuan dan anak di tingkat nasional, provinsi, dan kab/kota secara up to date, riil time dan akurat, untuk menuju SATU DATA, DATA KEKERASAN NASIONAL.

Sistem ini dibangun sebagai media pendataan, monitoring dan evaluasi kasus kekerasan perempuan dan anak di Indonesia

Melalui kegiatan pelatihan SIMFONI-PPA ini

diharapkan Seluruh mitra kerja didalam penanganan dan pelindung perempuan dan anak dapat meningkatkan komitmen petugas dalam melakukan pengelolaan data kekerasan sesuai tata laksana dan mekanisme yang benar, tersosialisasinya hasil pengembangan aplikasi system pencatatan dan pelaporan SIMFONI-PPA kepada admin dan/atau petugas pengelola data kekerasan di unit layanan, terwujudnya clean data kekerasan Simponi PPA, terinputnya data kekerasan secara rutin, dan meningkatkan koordinasi pengelolaan data kekerasan antar jejaring di unit layanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat,  meningkatkan pengetahuan dan mensosialisasikan. (Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini