Petik Ilmu, Peserta KKM UNIBA Kunjungi Situs Cagar Budaya Bendungan Pamarayan

0
102

Banten, Sigap88news.com – Guna meningkatkan ilmu dan wawasan Mahasiswa Universitas Bina Bangsa (UNIBA), sebanyak 17 orang peserta yang sedang melaksanakan Kelompok Kerja.

Mahasiswa (KKM) di Desa Pamarayan, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang – Banten mengunjungi situs dan cagar budaya Bendungan Lama Pamarayan.

Ketua KKM Kelompok 18 M Inggrit Wijaya mengatakan, banyak ilmu yang bisa dipetik usai mengunjungi situs dan cagar budaya di Bendungan Lama Pamarayan.

“Dengan mendatangi dan melihat langsung ke Bendungan ini ternyata banyak ilmu yang bisa diambil setelah mengetahui pemaparan dari penjaga bendungan ini,” kata Inggrit, Minggu (24/07/2022).

Juru Rawat Bendungan Lama Pamarayan, Jamaludin Ugaeni sedikt memaparkan mengenai sejarah terbangunnya bendungan pamarayan lama tersebut.

Menurutnya, bukan waktu yang singkat untuk bisa membangun bendungan tersebut. Karena, hampir 30 tahun lamanya bendungan lama pamarayan dikerjaan dengan jumlah pekerja sebanyak 250.000 orang.

“Pada tahun 1914 besi-besi baja didatangkan dan dengan jumlah tenaga kerja 250.000 orang dengan kurun waktu 30 tahun lamanya, karena masih dikerjakan manual. Bedungan ini memiliki pintu utama sebanyak 10 dan tujuh pintu irigasi, dengan fungsi untuk membendung dan mengalirkan air ke irigasi-irigasi, dengan panjang bangunan 150 meter dan lebar sungai 100 meter serta tinggi bangunan 35 meter, dengan jumlah biaya yang dihabiskan 5 juta golden,” katanya. (AR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini