Dua Jamaah Haji Tulungagung Jalani Isoman Setelah Hasil PCR Positiv Covid 19

0
75

Tulungagung,Sigap88news.com , – 400 jamaah haji asal Tulungagung tiba di Kabupaten Tulungagung pada Jumat (22/07/2022), usai melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci.
Sebelum terbang dari Arab Saudi ke Indonesia, mereka telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, hingga swab Covid-19 yang dilakukan di asrama haji Surabaya, hasilnya dua jamaah haji asal Tulungagung dinyatakan positif swab dan PCR.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Didik Eka.

Didik mengatakan, kini dua jamah haji yang terkonfirmasi tersebut telah menjalani Isolasi Mandiri (Isoman), karena kondisinya yang mengalami gejala ringan.
“Ada dua yang harus Isoman, karena swab dan PCR nya positif,” ujar Didik pada Jumat (22/07/2022).
Didik menjelaskan, pihaknya telah memberikan perintah kepada Puskesmas yang bertanggung jawab di tempat domisili keduanya, untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan mereka selama menjalani Isoman.

“Tidak dikarantina tapi Isoman, karena kondisinya mengalami gejala ringan,” jelasnya.

Didik mengungkapkan, selain memeriksa kondisi kesehatan jamaah haji dengan swab dan PCR, pihaknya juga memberikan vaksin booster ketiga untuk jamaah haji yang belum menjalani vaksin booster.
“Mereka pas berangkat itu ada yang masih dua dosis, karena syarat di Arab Saudi itu dua dosis saja sudah bisa masuk, tapi kondisi saat ini kan terus berkembang, makanya yang belum dosis ketiga langsung kita data dan kita berikan dosis ketiga,” ucapnya.

Sesuai dengan data yang dimilikinya, terdapat 24 jamaah haji asal Tulungagung yang belum mendapatkan vaksin dosis ketiga, dari jumlah tersebut, 18 diantaranya sudah memasuki interval vaksinasi dosis ketiga, sehingga bisa mendapatkan vaksin.

Kemudian dari 18 orang tersebut, 15 orang bisa divaksin saat itu juga, namun 3 lainnya tertunda karena dalam kondisi hipertensi.
“Untuk yang belum bisa mendapatkan vaksin dosis ketiga, akan segera kita berikan ketika kondisinya sudah memenuhi syarat,” pungkasnya.(St)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini