Tak Mau Adat Budaya Tergerus Dikalangan Kaum Muda Anak Muda Tapsel Bentuk Wadah

Redaksi
Ragam 830 Views
1 Min Read

Tapsel, sigap88news.com ||

Persatuan Naposo-Nauli Bulung (Kaum muda-mudi)Tapsel telah resmi terbentuk sebagai ketua terpilih yaitu Riski Abadi Rambe pada, Senin (7/1/2019)yang lalu.Menurut Riski, munculnya ide itu sebelumnya atas keprihatinan mereka melihat daerah-daerah yang sudah banyak tidak menerapkan persatuan Naposo Nauli Bulung lagi, padahal dulunya cukup kental di wilayah  Tabagsel. Kemudian dari situ mereka merasa terpanggil untuk membentuk sebuah wadah yang berjargon Poso-Poso Pagar Nihuta.

“Pada pertemuan Naposo Bulung se-Tapanuli Selatan itu kami melakukan kegiatan budaya Mangoloi dan Marsonduk yang dipandu oleh Tokoh Adat Tapsel Gunawan Siagian. Kemudian melalui Forum Marpokat (musyawarah) kami melaksanakan pembentukan wadah sebagai induk Parsadaan Naposo Nauli bulung se-Tapanuli Selatan dan saya terpilih sebagai Ketua Umum, pada pemilihan tersebut”ujarnya kepada wartawan, Senin(13/01/2019).

Kepada wartawan Riski mengatakan berbagai program telah mereka susun. Dan Riski juga mengatakan mereka juga telah melakukan pertemuan-pertemuan.Pertemuan yang mereka buat dituturkan Riski, untuk membangkitkan tradisi itu kembali ataupun menjaga adat dan budaya yang mulai pudar di kalangan muda-mudi Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

“Kita sudah dua kali mengadakan kegiatan yang waktu itu juga dihadiri Bupati Tapanuli Selatan yang cukup mendukung agar wadah ini secepatnya terbentuk dan inilah yang ketiga sekaligus pembentukan wadah Naposo Nauli Bulung se-Tapanuli Selatan,” tutur Riski.(Idham Halid Siregar)

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *