Cangkrukan, Jadi Cara Danramil Rungkut Bina Masyarakatnya

Moh Yusuf
Siap Ndan! 771 Views
2 Min Read

Surabaya, Sigap88news.com – Untuk meningkat jalinan koordinasi dengan tokoh masyarakat (tomas) dan tokoh agama (toga) di wilayah tugasnya, setiap prajurit teritorial TNI AD wajib mengaktifkan pola komunikasi sosial (komsos) dalam setiap tugas sehari-hari.

Hal tersebut bermaksud untuk mempertebal peran dan tanggung jawab prajurit teritorial TNI AD sebagai pembina dan pengayom seluruh elemen masyarakat di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Untuk merealisasikan peran dan fungsi itu, Danramil 0831/05 Rungkut Mayor Chb Suprianto dan jajaran Babinsa acap kali menggelar sambang wilayah dan berpatroli dialogis sembari memberikan imbauan kepada masyarakat di wilayah binaannya.

“Kami jalin komunikasi sosial yang intens kepada masyarakat sembari memberikan wejangan dan imbauan berkaitan dengan keamanan lingkungan,” kata Danramil, Kamis (23/5/2019) malam, saat komsos di rumah tomas di RW 07, Kelurahan Rungkut Kidul, Kecamatan Rungkut.

Dengan aktif turun ke bawah dan memberikan pembinaan serta edukasi kepada masyarakatnya, diharapkan suasana aman, kondusif atau damai di wilayah teritorial dapat benar-benar terwujud dengan baik.

“Endingnya kalau kondisi aman kita semua dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan aman dan enjoy,” terang perwira menengah (pamen) TNI AD asal Nganjuk tersebut.

Di samping itu tandas dia, dengan aktif melakukan sambang kewilayahan, setiap prajurit teritorial TNI AD akan mudah mendengar aspirasi dan masukan yang bersumber langsung dari masyarakat. “Akan jadi mudah tampung aspiriasi warga,” papar mantan Danramil 0831/07 Tenggilis Mejoyo tersebut.

Untuk itu setiap ada waktu luang, ia dan jajaran Babinsa mesti menyempatkan waktu untuk beranjangsana kepada masyarakat, walau durasi pertemuan itu hanya sebentar. “Agar kolaborasi yang baik dengan masyarakat ini terus tumbuh dengan baik,” pungkasnya. (Rik)

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *