Pelaporan Camat Jrengik ke Polres, Mengenai Tulisan Wartawan, Sangat di Sesalkan Oleh Beberapa Media

Redaksi
Headline 1k Views
2 Min Read

SAMPANG, sigap88news.com || Kasus pelaporan wartawan Jawapes yang dilakukan Camat Jrengik dan juga sekaligus diduga kontraktor yaitu Marnilem, SPd. di Kepolisian Resort (Polres) Sampang sangat disesalkan dari berbagai awak media, yang seharusnya mendapatkan informasi secara terbuka namun malah dilaporkan ke polisi bukan ke dewan pers.

Menurut praktisi media sekaligus ketua Organisasi Kederisasi Keanggotaan Persatuan Wartawan Republik Indonesia (OKK PWRI) Jatim, yaitu Bang Ucup mengatakan, ” Ya seharusnya Polres Sampang itu memfasilitasi untuk menggunakan hak jawab atau hak koreksi, sesuai Undang – Undang Pers no. 40 tahun 1999 karena yang dilaporkan itu wartawan bukan preman, kalau preman itu dilaporkan polisi betul, kalau wartawan itu dilaporkan ke Dewan Pers atau PWI itu yang berwenang, karena bukan nitezen, coba dong pihak kepolisian itu mempelajari undang – undang pers, seharusnya mengarahkan camat itu kalau salah ke Dewan Pers bukan polisi. ” Ujarnya. Jum’at, (6/4/18).

Terpisah, sebagai korban wartawan yang dilaporkan yaitu Ach. Rifai, ST. Mengatakan, ” Ini suatu usaha pencekalan dan dikriminasi informasi publik,  ” Katanya.

Lanjut Rifai, ” Seharusnya pihak SPKT Polres Sampang mempelajari Undang – Undang Pers tentang sengketa atau kesalahpahaman dalam pemberitaan media yang berbadan hukum, bukan sekedar menerima laporan, camat gak tahu itu diarahkan bukan malah mengiyakan begitu saja.” Tukasnya.

Didepan awak Media saat mengkonfirmasi Kapolres Sampang AKBP. Budhi Wardiman, SH., SIK, MH melalui Kasat Reskrim Polres Sampang, AKP. Herry Kusnanto mengakatan, ” Intinya itu kita hanya menerima laporan saja sebab itu hak warga negara Indonesia, namun nanti kita akan koordinasi dan kita pasrahkan ke Dewan Pers, sebab ini kesalahan pemberitaan. Masalah seperti ini saya belum pernah menemui kasus seperti ini mas, makanya saya langsung koordinasi ke atasan saya di polda jatim minta saran. ” Tuturnya.

Masih Kasat, ” Akhirnya kita mencoba mediasi saja dan menjembatani agar tidak meruncing masalah ini, ya pokoknya yang saya harapkan supaya persuasif, kekeluargaan saja, dengan tujuan Sampang kondusif, sesuai perintah Kapolri menjelang Pilgub Jatim, Jawa Timur Harus Kondusif dan aman” Tutup Kasat Polres Sampang. (Tim)

TAGGED: ,
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *